by

Tips Melamar Kerja Via Email yang Tepat Agar di Baca HRD

LokerLampung.co.id. Tips Melamar Kerja Via Email yang Tepat Agar di Baca HRD. Memasuki era digital, penggunaan teknologi sebagai alat mempermudah kita terus berkembang dengan baik. Termasuk menggunakan teknologi untuk melamar kerja.

Ada perusahaan yang bersedia menggunakan sistem Online, dan yang masih konvensional yakni Pelamar harus mengirkmkan berkar lamaran kerja langsung, dan banyak juga perusahaan yang menerima lamaran kerja via email.

Untuk kesempatan kali ini, Penulis ingin membagikan Tips Melamar Kerja Via Email yang Baik dan Benar. Menggunakan email untuk melamar pekerjaan tentu lebih mudah, namun juga harus memandang etika dan estetika dalam melamar pekerjaan.

Tips Melamar Kerja Via Email yang Baik dan Benar

1. Tulis Surat Lamaran Kerja atau aplication letter di badan email

Ini merupakan etika dalam mengirimkan lamaran kerja via email, jangan biarkan badan email kosong. Karena jika ini Anda lakukan akan membuat HRD enggan melanjutkan mengunduh atau mendownload CV Anda. Tulislah Surat Lamaran Kerja dengan simple, namun memuat isi yang benar, efektif dan power full untuk itu Anda bisa baca pada artikel sebelumnya: Cara Tepat Membuat Surat Lamaran Kerja yang benar, Efektif dan Power Full

2. Tulis Subyek email dengan Posisi dan Nama Anda

Nah, ini juga merupakan langkah yang sangat penting, jangan pernah mengosongkan subyek email saat melamar kerja via email. Karena HRD tentu saja akan melanjutkan membaca Surat Lamaran kerja orang lain yang memiliki Subyek Email. Hendaknya Subyek Email saat Melamar Kerja via Email ditulis dengan Format : Posisi – Nama Anda atau sesuaikan dengan informasi yang telah ditentukan oleh Perusahaan misal ada juga yang menggunakan Format : Kode Posisi – Nama Anda

3. Gabungkan File Attachment dalam 1 file berformat PDF

Untuk Tips ketiga (3) ini yang paling sering diabaikan oleh Pelamar Kerja atau Pencari Kerja, biasanya file pendukung surat lamaran kerja ada CV (Curriculum Vitae), Foto, KTP, KK, Surat Pencari Kerja, SKCK, Ijasah, Transkrip Nilai, Pengalaman Kerja, Sertifikat pendukung lainnya.

Kurang lebih ada sekitar 6-8 file pendukung yang jika terpisah-pisah maka akan memiliki banyak lampiran (Attachment email) yang sangat merepotkan HRD ketika mengunduh/mendownload karena masing-masing file berbeda format, ada yang berformat Dokumen, ada yang gambar dan paling menyedihkan file bisa tertukar dengan milik orang lain.

Sehingga sangat penting untuk menggabungkan seluruh file tersebut ke dalam 1 file. Bagaimana caranya, gabungkan semua file tersebut dalam format Dokumen dalam Ms. Word lalu simpan dalam format PDF. Hal ini lebih praktis dan membuat HRD yang sedang screening berkas senyum kegirangan karena pekerjaannya lebih mudah.

4. Perhatian Waktu Pengiriman Email yang tepat

Email, memang bisa dikirimkan dalam kurun waktu 24 jam kerja, namun ingat HRD adalah seseorang yang memiliki waktu terbatas untuk membaca email. Waktu Pengiriman Email yang paling tepat adalah Pukul 08.00 Wib – 10.00 Wib. Jangan Pernah mengirimkan Email pada malam hari, karena kesempatan untuk di baca bisa dikesampingkan oleh HRD.

Demikian, Tips Melamar Kerja Via Email yang Tepat Agar di Baca HRD semoga bisa membantu Anda

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *