by

Jangan Sia-siakan Beasiswa S2 dan S3 UNPAD

-News-198 views

LokerLampung.co.id. Jangan Sia-siakan Beasiswa S2 dan S3 Unpad. Universitas Padjadjaran (Unpad) mendukung sepenuhnya program pemerintah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Salah satunya melalui program beasiswa pascasarjana bagi calon mahasiswa unggul yang ingin melanjutkan studi ke Program Doktor (S3) atau Program Fast Track Magister-Doktor (S2-S3) di Unpad.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, ada dua skema beasiswa yang ditawarkan Unpad, yaitu Beasiswa Program Doktor Padjadjaran untuk program S3 dan Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran untuk program fast track Magister-Doktor.

“Kedua program ini merupakan salah satu kontribusi nyata Unpad dalam mendukung program prioritas pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia”, kata Prof. Rina seperti dikutip dari laman Unpad, Senin (17/5/2021).

Unpad sediakan beasiswa

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad ini mengungkapkan, pendaftaran dua program beasiswa ini dapat dilakukan melalui jalur pendaftaran Pascasarjana reguler di laman SMUP Unpad.

Cara pendaftarannya akan mengikuti mekanisme SMUP yang reguler.

“Calon mahasiswa nantinya dapat memilih apakah akan mendaftar ke program melalui penawaran beasiswa ini atau tidak,” tandas Prof. Rina.

Pembelajaran berbasis riset

Secara teknis, dua program beasiswa ini diarahkan pada pembelajaran berbasis riset. Program ini diintegrasikan dengan hibah riset internal Unpad yang diperoleh para calon promotor.

Pada tahun 2021 ini, lanjut Rektor, melalui Hibah Riset yang dikelola oleh Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Unpad, sebanyak 13 dosen terpilih akan menjadi promotor untuk mahasiswa penerima Beasiswa Program Doktor Padjadjaran.

Selain itu 14 dosen terpilih akan bertindak sebagai promotor untuk mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran.

Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran sendiri mengadaptasi Program Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Ditjen Dikti.

Benefit penerima beasiswa

Penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa untuk biaya pendidikan dan riset. Selain itu juga memperoleh biaya hidup per bulan selama satu tahun mengikuti pendidikan Magister yang dilanjutkan dengan tiga tahun pendidikan Doktor.

Selama empat tahun mengikuti program fast track Magister-Doktor tersebut, mahasiswa akan disupervisi dosen promotor untuk melakukan riset dan publikasi bersama.

“Diharapkan dalam waktu 4 tahun, penerima beasiswa dapat menyelesaikan studinya hingga program Doktor,” ungkap Prof. Rina.

Sementara untuk Beasiswa Program Doktor Padjadjaran, mahasiswa akan mendapatkan beasiswa untuk biaya pendidikan dan riset selama tiga tahun menempuh pendidikan S3 dan melakukan riset bersama dosen promotor.

Luaran dari program beasiswa ini berupa satu publikasi artikel ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi per tahunnya.

Itulah informasi terkait beasiswa yang diberikan bagi mahasiswa unggul. Melalui program Beasiswa Program Doktor Padjadjaran untuk program S3 dan Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran untuk program fast track Magister-Doktor diharapkan kualitas SDM di Indonesia makin unggul.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *