by

Tips Lolos Interview Kerja di PT

-30 views

Loker LampungTips Lolos Interview Kerja di PT. Pastinya agak sedikit was-was ya jika melamar pekerjaan, dan tinggal masuk di sesi terakhir, yakni wawancara atau interview.

Tentunya bagian ini tampak terlihat spele namun menjadi penentu. Sebagian besar masih menganggap remeh seleksi kerja bagian interview ini, namun sebagian besar pula gugur saat tes interview.

Artinya, interview kerja tidak bisa dianggap remeh, namun jangan pula membuat anda ketika menghadapi tes interview kerja di PT menjadi tegang. Dan berikut ini tips lolos interview kerja di PT yang bisa anda terapkan agar diterima kerja

Tips Lolos Interview Kerja di PT

Kurang lebihnya ada 9 tips lolos interview kerja di PT, antaranya adalah sebagai berikut:

1 Persiapkan diri dengan matang

Pertama yang paling bisa anda lakukan adalah persiapan diri pribadi. Pastikan diri anda sudah matang (siap) untuk menghadapi tes interview di Perusahaan.

Persiapan ini juga bisa anda lakukan dengan beberapa simulasi, misalnya dengan membuat list atau daftar pertanyaan umum yang sering kali ditanyakan dalam wawancara, yang sekiranya list tersebut dapat membantu dan mempermudah anda.

Selain itu, anda bisa mencoba memposisikan diri anda sebagai direksi perusahaan, kemudian buatlah beberapa pertanyaan dengan disertai jawabannya.

2 Perlihatkan poin plus dari diri anda

Tips kedua adalah dengan menyampaikan tentang siapa diri anda sebenarnya, mengapa anda pantas diterima bekerja di perusahaan yang sedang anda tes saat ini.

Dalam artian, tunjukan kemampuan terbaik anda dalam bidang ini. Atau bisa ceritakan pengalaman sebelumnya yang pernah dilakukan.

Baca Juga: 10 Ciri Lowongan Kerja Palsu, yang wajib diketahui Pelamar Kerja

Namun, ada catatan dalam hal menceritakan pengalaman, artiannya perusahaan tidak ingin menerima seorang karyawan yang suka keluar masuk perusahaan dari satu perusahaan ke perusahaan lain.

Ungkapkan saja, hal-hal yang dapat menerangkan diri anda mengapa anda pantas diterima di perusahaan tersebut. Dengan demikian pihak perusahaan bisa memastikan bahwa anda adalah calon karyawan yang tepat untuk posisi tersebut.

3 Manfaatkan waktu dengan maksimal

Tips ketiga yang juga sangat penting adalah memanfaatkan waktu dengan semaksimal mungkin. Jadi jawablah pertanyaan saat tes interview kerja di PT ini sesuai dengan jawabannya, singkat, padat dan jelas, jangan berbelit-belit dan muter-muter tidak karuan.

Selanjutnya fokus pada apa yang disampaikan, jangan hiraukan yang lain, seperti handphone, gerakan tubuh yang berlebihm jadi fokus pada tanya dan jawab yang berlangsung.

Seorang pewawancara bisa memutuskan anda diterima atau tidak dalam waktu yang berbarengan saat interview tersebut, sehingga berhati hatilah ketika menjawab.

4 Bawalah CV ke pada setiap sesi interview

Tips keempat yang juga tak kalah penting adalah, saat akan masuk interview, anda sudah persiapkan CV (daftyar riwayat hidup), hal ini sekedar memastikan pewawancara terbantu untuk melihat riwayat hidup, pendidikan, dan pengalaman yang anda miliki.

Sehingga waktu yang diberikan bisa benar benar anda manfaatkan untuk memberikan jawaban jawaban yang penting selain yang ada pada CV anda.

5 Kenalilah profil perusahaan tempat melamar

Tips kelima ini tentu harus anda siapkan sebelum tes interview kerja berlangsung. Sebab, mengenal perusahaan tempat melamar adalah salah satu hal penting agar anda tidak terlalu kesuitan mendapatkan pertanyaan tentang perusahaan tempat anda bekerja.

Sebaiknya ketahuilah latar belakang dari perusahaan tempat anda melamar karena sebuah perusahaan akan memepekerjakan seorang karyawan yang memiliki latar belakang yang bagus pula.

6 Berpikir positif

Berpikir positif bukan hanya sekedar tips untuk lolos tes interview kerja di PT. Berpikir positif ini dibutuhkan agar anda dapat menilai secara jernih setiap pertanyaan yang ditanyakan kepada anda.

Maka, yang harus dipahami dari berpikir positif ini adalah dengan hindari pertanyaan yang ditanyakan tersebut dengan memberikan jawaban atas pertanyaan yang berlawanan.

7 Gerak-gerik dan bahasa tubuh yang sesuai

Seperti yang disampaikan pada tips point sebelumnya, jangan terlaluy banyak gerak-gerik yang tidak sesuai, yang akhirnya membuat si pewawancara tidak menyukai anda.

Aturlah dengan baik segala gerak gerik anda selama sesi interview, karena seorang pewawancara akan sangat jeli hingga ketika anda masuk pun mereka sebenarnya telah memperhatikan anda.

Dan pastikan masuk ke ruang tes dengan keadaan rapi dan wangi. Karena, seorang pewawancaara akan menilai performance anda dari atas sampai bawah dan jangan lupakan bahwa atitude adalah hal yang paling penting.

8 Terus berlatih dan jangan mudah menyerah

Jika gagal ini bukanlah akhir dari segalanya. Siapa tahu anda memang tidak cocok bekerja di perusahaan tersebut, dan teruslah mencoba diperusahaan lain dengan terus menjaga motivasi dan berlatih.

9 Tetap optimis percaya diri bahwa masih sanggup untuk mencobanya

Pastinya tips terakhir ini bisa menjadi sebuah pesan yang baik. Yakni dengan menjaga rasa optimis, bahwa anda masih memiliki banyak kesempatan dan masih banyak perusahaan yang akan menerima anda di sewaktu saat nanti. Terus mencoba, terus berlatih, dan tetap optimis.

Baca Juga: Jangan Pernah Takut Memulai Karir dari Hobi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *